Pemberdayaan Anak Di Paud Adila Adiarsa Oleh Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang


                    Pemberdayaan PAUD Adila. foto: mahasiswa unsika


Pemberdayaan merujuk pada memberikan kemampuan, keterampilan, pengetahuan, dan kepercayaan kepada siswa, guru, dan bahkan komunitas pendidikan untuk mengambil kontrol atas proses pembelajaran dan mengelola lingkungan belajar mereka.

Pemberdayaan dalam pendidikan bertujuan untuk menghasilkan lingkungan pembelajaran yang lebih inklusif, berpusat pada siswa, dan memberdayakan semua pihak yang terlibat agar mereka dapat berkontribusi secara aktif dalam proses pendidikan.

Pada tanggal 1 Desember 2023, mahasiswa Universitas Singaperbangsa melakukan pemberdayaan di PAUD Adila Adiarsa karawang. Mahasiswa membuat suatu kegiatan di PAUD Adila yaitu membuat gunung berapi, menempelkan kertas origami dan menangkap ikan. 


Membuat Gunung berapi

                 Pemberdayaan PAUD Adila. foto: mahasiswa unsika

                    Pemberdayaan PAUD Adila. foto: mahasiswa unsika

Proyek membuat gunung berapi dapat menjadi pengantar yang menyenangkan bagi anak-anak untuk memahami konsep dasar ilmu alam, seperti letusan gunung berapi, pembentukan lava, dan proses geologis dasar. Ini memberikan pemahaman awal mereka terhadap fenomena alam yang menarik.

Tujuan utama dalam proyek ini adalah untuk membuat pembelajaran yang menyenangkan dan memperkenalkan konsep ilmu alam serta mengembangkan keterampilan kreatif. 


Menempelkan kertas origami

                        Pemberdayaan PAUD Adila. foto: mahasiswa unsika

                   Pemberdayaan PAUD Adila. foto: mahasiswa unsika


Kegiatan menempelkan kertas origami melibatkan gerakan halus tangan dan jari-jari yang membantu dalam pengembangan keterampilan motorik halus pada anak. Ini membantu meningkatkan koordinasi mata dan tangan mereka.

Kegiatan menempelkan kertas origami diarahkan untuk membantu perkembangan keterampilan motorik halus, merangsang kreativitas, dan memberikan pemahaman dasar tentang bentuk dan geometri. Selain itu, kegiatan ini juga membantu anak-anak dalam mengembangkan konsentrasi, kesabaran, serta keterampilan sosial dan kolaboratif.


Menangkap Ikan

                    Pemberdayaan PAUD Adila. foto: mahasiswa unsika

Pemberdayaan PAUD Adila. foto: mahasiswa unsika


Menangkap ikan merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Aktivitas ini melibatkan gerakan tubuh yang memerlukan koordinasi antara mata, tangan, dan tubuh secara keseluruhan. Anak-anak akan mengembangkan keterampilan motorik kasar mereka melalui gerakan menangkap ikan, seperti mengayuh, mengarahkan jaring, atau memegang peralatan menangkap ikan.

Proses menangkap ikan dengan jaring kecil membutuhkan kesabaran dan konsentrasi. Anak-anak belajar menunggu, memperhatikan, dan menanggapi dengan tepat ketika ada reaksi dari ikan yang mereka tangkap. Hal ini membantu dalam mengasah keterampilan kesabaran dan konsentrasi mereka.


Dokumentasi Pemberdayaan di PAUD Adila

                 Pemberdayaan PAUD Adila. foto: mahasiswa unsika

                Pemberdayaan PAUD Adila. foto: mahasiswa unsika

Kepala Sekolah PAUD Adila Ibu Rohmah mengatakan bahwa kegiatan membuat gunung berapi, menempelkan origami, dan menangkap ikan memiliki manfaat yang sangat penting bagi perkembangan anak usia dini. 
Dengan menjalankan kegiatan-kegiatan tersebut, Ibu Rohmah percaya bahwa anak-anak dapat memperoleh pengalaman belajar yang bermakna, memperkaya pengetahuan mereka, dan membantu dalam pengembangan keterampilan serta pemahaman tentang dunia di sekitar mereka.


Oleh: Muflih Abdul Hakim
(Mahasiswa Unsika Karawang) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelatihan Analisis SWOT Pembuatan Abon Belut